Tips Menjaga Awet Muda

[ Kesehatan ]

    Semua wanita tentu ingin awet muda. Bagaimana caranya. Ikuti tips Prof. Dr. John Altham berikut ini sekelompok ahli Gerontologi (usia lanjut) dari Universitas Boston, Amerika Serikat, di bawah pimpinan prof.Dr. John Altham telah melakukan penelitian dengan tema “Bagaimana cara wanita menikmati hidup baik secara fisik maupun kejiwaan pada usia lanjut”. Hasil penelitian tersebut dapat anda ikuti di bawah ini, yang diterangkan secara mudah.

  1. Bergerak Memperlambat Penyusutan Otot = Aktivitas berolahraga atau gerak badan membuat tubuh tetap segar (fit) sampai sampai usia tua. Di samping menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah, olahraga juga dapat menguatkan otot dan tulang, serta menguatkan pula sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Bila anda berolahraga dengan berjalan kaki (jogging) selama satu jam setiap minggu, telah memperoleh efek positif untuk tujuan seperti disebutkan di atas.
  2. Makanan Sehat Melindungi Tubuh terhadap Arteriosklerosis dan Kanker = Menurut para ahli gizi, bila wanita ingin tetap langsng sampai tua harus mengurangi (atau sama sekali tidak) memakan daging hewan yang banyak mengandung lemak. Anda sangat dianjurkan memakan ikan yang kurang mengandung lemak. Juga sangat dianjurkan banyak memakan sayur dan buah segar (bukan buah kaleng), Makanan sehat tersebut menghambat terjadinya arteriosclerosis, yaitu penebalan dan tidak elastisnya pembuluh nadi yang membuat tidak lancarnya peredaran darah yang dibutuhkan tubuh. Makanan sehat juga mencegah timbulnya penyakit kanker dan penyakit jantung.
  3. Bercumbu rayu Menguatkan Kekebalan Tubuh = Bila anda dalam usia tua masih merasa dekat dengan keluarga dan mencintai mereka, maka anda sangat beruntung. Bermesraan secara fisik, seperti mencium pipi, bergandengan tangan, cubitan sayang dan sebagainya dengan suami, anak, cucu serta keluarga dekat lainnya akan meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut para ahli, terbukti ciuman sayang misalnya pada suami, ternyata dapat meningkatkan jumlah sel kekebalan tubuh sampai 63 persen.
  4. Rajin Memeriksakan Kesehatan Diri = Di antara penyakit yang sering diderita wanita adalah kanker, seperti kanker payudara, kanker rahim. Penyakit berbahaya ini dapat diobati bila diketahui sedini mungkin. Untuk mengetahuinya, anda harus rajin memeriksakan kesehatan ke dokter ahli atayu ke yayasan kanker terdekat. Di samping itu, pencegahan lebih penting lagi, Seperti kata pepatah: Pencegahan (penyakit) lebih penting daripada mengobatinya (Inggris: prevention is better than cure).
  5. Jangan Tutupi Pengerutan Kulit di Wajah Anda = Bila telah berusia tua, janganlah and bermimpi mempunyai kulit wajah seperti pada usia muda lagi. Yang dimaksud menutupi pengerutan kulit wajah di sini adfalah dengan operasi plastik/kosmetik, agar kelihatan iebih muda. Menuerut para ahli, seorang wanita setelah mengalami operasi plastik, si kekebalan tubuhnya menurun secara drastis. Jadi, untuk kelihatan lebih muda dan cantik, anda dianjurkan menggunakan alat-alat kosmetik yang telah tersedia saja dan banyak ragamnya.
  6. Jalankan Hobi Anda Secara Teratur = Hobi adalah suatu pekerjaan atau kegiatan yang menyenangkan bagi anda. Seperti mengadakan kontak dengan orang lain, misalnya dalam organisasi, hobi membaca, mengisi teka-teki silang, sangat baik diteruskan secara teratur. Ternyata mengerjakan hobi itu menguatkan kejiwaan dan ini akan memperlambat ketuaan, termasuk memperlambat ketuaan sel-sel otak sehingga anda tidak cepat menjadi pelupa.

Kesimpulan :

    Manusia menjadi tua adalah proses alamiah yang harus terjadi dan tak dapat dicegah dengan obat atau cara apa pun. Namun ketuaan itu dapat diperlambat, di antaranya dengan enam cara tersebut di atas.Apa Yang Terjadi Dalam Proses Ketuaan?

  • Mata dan Telinga = Penglihatan, lebih-lebih dalam kegelapan, sernakin lemah. Begitu pula pendengaran semakin menurun, terutama untuk gema bunyi yang tinggi.
  • Jantung dan Peredaran Darah = Kekuatan jantung menururn, tekanan darah meningggi, dan elastisitas pembuluh darah juga menurun.
  • Paru-paru = Kesanggupan menghirup zat asam menurun. Akibatnya, lekas lelah karena napas menjadi pendek dari sebelumnya.
  • Saluran Urin = Fungsi ginjal mengatur pengeluaran urin (air kencing) tak bekerja normal lagi. Begitu pula kandung kencing. Akibatnya, sering kencing dari biasanya.
  • Saluran Pencernaan = Mungkin gigi untuk mengunyah makanan telah banyak yang tanggal. Pengeluaran kelenjar untuk membantu pencernaan juga berkurang. Dan banyak lagi organ yang berhubungan dengan pencernaan kurang berfungsi seperti biasanya.
  • Pergerakan Tubuh = Kemampuan otot berkurang, persendian tidak seelastis biasanya dan jaringan tulang semakin rapuh.
  • Aktivitas Seks = Pasti menurun, sesuai dengan produksi horrnon yang menunjang telah menurun pula. Namun perlu diingat, dalam ketuaan bukan berarti aktivitas seks menjadi terhenti. Hal tersebut sangat tergantung pada pemupukan hubungan mesra dengan pasangan hidup anda.

Laporan: M. Umar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: